Senin, 27 Februari 2017

DELIVERY ORDER (DO)

DELIVERY ORDER (DO) adalah surat yang menyatakan kepemilikan atas barang atau muatan.
D/O dapat diperoleh dengan menukarkan B/L ke perusahaan pelayaran.
Sebelumnya, saya sudah pernah menulis tentang D.O dan pada tulisan tersebut, anda juga bisa melihat contoh D.O yang kami gunakan untuk mengeluarkan (meng-on)kan container. Maksudnya, mengeluarkan container full ke luar dari wilayah otoritas kepelabuhan. Karena itu, di tulisan kali ini, saya hanya akan menambahkan satu contoh D.O untuk mengeluarkan container kosong dari wilayah otoritas kepelabuhanan.
Gambar di atas adalah salah satu contoh D.O untuk penanganan container ekspor. Ke beberapa mahasiswa yang datang ke tempat kami untuk melakukan penelitian, magang atau hanya untuk sekedar memperoleh informasi mengenai ekspor, setelah melihat dokumen D.O biasanya akan muncul beberapa pertanyaan, antara lain :
1. Bagaimana cara memperoleh D.O ? D.O diperoleh setelah kami mengirimkan Shipping Instruction (SI) kepada pihak pelayaran (Shipping Line), setelah itu barulah mereka menerbitkan D.O dan memberikan/mengirimkannya kepada kami. Beberapa shipping line yang biasa kami gunakan jasanya untuk ekspor : Wanhai (PT. Tresna Muda), SBL/SITC (PT. Sinar Baru Logistik), PT. Wide Logistik, K-Line (PT. Hokky Jaya Abadi), Samudera Indonesia, Evergreen.
2. Bagaimana cara menggunakan D.O ? Setelah D.O diterima, maka mulailah kami bergerilya. Sebagaimana yang pernah saya tuliskan di entah pelajaran
yang mana, bahwa saya tidak bekerja sendiri, melainkan dengan beberapa rekan dalam sebuah tim kerja. Satu orang
rekan saya, berbekal D.O yang telah kami terima mendatangi pelayaran untuk menebus D.O, empty dan seal
container, tak lupa pula mengecek kondisi fisik container di lapangan (lokasi container berada) layak atau
container tersebut kami gunakan, karena terkadang ada beberapa hal yang berbeda di lapangan sehingga kami harus
melaporkan kembali kepada pihak shipping line bahwa kami tidak dapat menggunakan container yang telah mereka
tunjuk dan kami mohon penggantian segera.

1 komentar:

  1. bisa hubungi saya Pak ? perlu jasa anda. WA saya +86-13-20-20-1-444-3

    terima kasih

    BalasHapus